Susahnya Hidup Di Negara Zimbabwe

Susahnya Hidup Di Negara Zimbabwe

Daftarnegaratermiskin.web.id – Penderitaan kami, karena rupiah telah jatuh dari 12.000 rupee menjadi 1 dolar AS, tidak lebih dari tragedi Zimbabwe. Tidak bisa dipercaya, bahkan jika biaya mengemudi sendirian di Angkot mencapai 3 triliun dolar Zimbabwe. Bahkan, itu hanya 50 sen AS atau 5.000 rupee. Tentu saja, inflasi di Zimbabwe, Tuhanku, telah mencapai 2,2 juta persen, rekor tertinggi di dunia.

Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe telah mengelola perekonomian dengan sangat buruk. Dia cetak uang besar-besaran untuk membayar gaji pegawai, tentara, dan belanja pemerintah. Uang beredar pun tak terkendali, dan terjadilah hiperinflasi yang luar biasa.

Tak heran harga-harga melambung dalam hitungan menit bahkan detik. Para karyawan toko terpaksa sibuk mengganti label harga karena seringnya terjadi perubahan harga. Para pegawai negeri yang hendak gajian harus menyewa becak untuk bisa membawa duit gaji yang bergepok-gepok itu.

Toh, pada 20 Juli 2008 lalu, bank Zimbabwe menerbitkan pecahan uang 100 miliar dolar, pecahan uang terbesar di dunia. Jangan kaget jika untuk membeli es putar saja, orang harus membayar 2 triliun dolar.

Baca juga : Negara Kepulauan Solomon

Repotnya, jumlah mata uang tidak banyak beredar sehingga kerap kekurangan untuk transaksi. Tak ayal, banyak transaksi menggunakan surat perjanjian atau promissory notes. Banyak toko memberi uang kembali dengan permen, cokelat, atau kupon yang berlaku sebagai alat tukar. Malah sistem barter kembali diberlakukan.

He-he, malah pernah seorang penumpang bus yang membayar ongkosnya dengan seekor ayam hidup agar bisa sampai ke Ibu Kota Harare sejauh 150 km. Untuk makan siang dengan menu sederhana pun orang harus membayar 500 juta dolar Zimbabwe yang setara dengan 2 dolar Amerika.

Harga sekaleng cola 15 miliar. Harga dua kilo gula pasir 20 miliar, dan dalam satu hari bisa meningkat dua kali lipat. Mungkin bulan depan, sekaleng cola bisa satu triliun. Akibatnya, hampir seluruh warga Zimbabwe kini menjadi miliarder, bahkan triliuner. Hayo, pilih mana: tinggal di Indonesia atau di Zimbabwe? (Bersihar Lubis)

Related posts