Profilisasi Negara Miskin Madagaskar

Profilisasi Negara Miskin Madagaskar

daftarnegaratermiskin.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Profilisasi Negara Miskin Madagaskar. Berikut ini kami akan memberikan pembahasan yang berkaitan dengan artikel yang membahas mengenai Profilisasi Negara Miskin Madagaskar

Madagaskar adalah sebuah negara pulau yang terletak di lepas pesisir Afrika bagian selatan, Samudera Hindia. Pulau utamanya yaitu Pulau Madagaskar merupakan pulau terbesar keempat di dunia. Selain pulau terbesarnya ini, Negara yang secara lengkap disebut dengan Republik Madagaskar ini juga memiliki beberapa kecil disekitar pulau utamanya yaitu Pulau Juan de Nova, Pulau Europa, Kepulauan Glorioso, Pulau Tromelin Island, dan Bassas da India. Ibukota Madagaskar adalah Antananarivo.

Madagaskar yang secara astronomisnya berada diantara 12°LS – 26°LS, dan 43°BT – 51°BT ini dikelilingi oleh laut dan tidak ada perbatasan darat dengan negara manapun. Daratan terdekat dengan Madagaskar adalah Negara Mozambik (daratan benua Afrika) yang dipisahkan oleh selat Madagaskar di sebelah baratnya. Perbatasan laut lainnya adalah Reunion (Perancis) dan Mauritius di sebelah timur serta Komoro dan Mayotte (Perancis) di barat laut. Meskipun letaknya sangat dengan benua Afrika, namun secara geologi, demografi dan biologinya berbeda dengan daratan afrika.

Madagaskar yang mana menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Madagaskar bukanlah sebuah negara yang diisi oleh hewan-hewan riang gembira seperti yang kamu saksikan pada film Penguin Madagascar, melainkan sebagian besarnya dihuni oleh penduduk miskin dengan pendapatan per kapita yang hanya sebesar US $ 1500 saja, yang jika dirupiahkan hanya senilai Rp. 21.000.000 (Kurs US $1 = Rp. 14.000) per tahun atau Rp. 1.750.000 per bulan. Sungguh sangat jauh berbeda dengan kondisi negara kita yang pendapatan per kapitanya sudah mencapai US $ 13.120 atau sekitar Rp. 15.300.000 per bulan berdasarkan data dari IMF (International Monetary Fund) per Oktober tahun 2017.

Negara yang terletak di benua Afrika ini sebetulnya memiliki sumber daya alam yang cukup. Terutama pada sektor pertaniannya yang dikenal sebagai negara penghasil teh, kapas, dan padi. Hanya saja dikarenakan oleh pengelolaan pemerintahannya yang buruk ditambah dengan sejumlah konflik politik yang terjadi disana, alhasil potensi alam yang dimiliki negara ini pun tidak bisa termaksimalkan dengan baik. Dan mengakibatkan penghasilan sebagian besar penduduknya rendah

Luas wilayah Madagaskar adalah sebesar 587.041 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 25.054.161 jiwa berdasarkan estimasi bulan juli 2017. Mayoritas penduduk Madagaskar memeluk agama Kristen, agama Islam dan kepercayaan penduduk aslinya. Etnis-etnis yang menghuni Madagaskar diantaranya adalah etnis Malayo-Indonesia (Merina dan Betsileo), Cotiers (campuran Africa, Malayo-Indonesia dan Arab – Betsimisaraka, Tsimihety, Antaisaka, Sakalava). Madagaskar memiliki dua bahasa resmi yaitu bahasa Perancis dan bahasa Malagasi.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Madagaskar adalah sistem pemerintahan Republik Semi-Presidensil yaitu sistem pemerintahaan yang kepala Negaranya adalah Presiden namun kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Presiden Madagaskar dipilih langsung oleh rakyatnya untuk masa jabatan 5 tahun dan dapat dipilih kembali (maksimum 2 periode) sedangkan Perdana Menterinya diajukan oleh Majelis Nasional dan diangkat oleh Presiden.

Di bidang perekonomian, Madagaskar merupakan negara yang mengandalkan sektor pertanian, perikanan dan kehutanan sebagai tulang punggung perekonomiannya. Sekitar 80% populasinya bekerja di sektor-sektor tersebut dan juga sebagai penyumbang terbesar (sekitar 23,7%) Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Madagaskar. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Madagaskar adalah sebesar US$39,81 miliar sedangkan Pendapatan Perkapitanya adalah sebesar US$1.600,-. Komoditas Pertanian yang penting bagi perekonomian Madagaskar diantaranya adalah Kopi, Vanila, tebu, Kokoa, pisang, beras, cengkeh, singkongBenua dan kacang-kacangan. Selain sektor pertanian, Industri-industri yang penting bagi perekonomian Madagaskar diantaranya seperti pengolahan daging, makanan laut, sabun, bir, kulit, gula, tekstil, kertas, minyak, perakitan otomobil dan pariwisata.

Di hubungan luar negeri, Madagaskar adalah negara anggota PBB dan juga anggota lembaga-lembaga dibawah PBB. Selain itu, Madagaskar juga menjadi anggota dari Uni Afrika (AU), Kelompok negara Afrika, Karibia, Pasifik (African, Caribbean and Pacific Group of States atau disingkat dengan ACP), Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) dan COMESA (Common Market for Eastern and Southern Africa).
Profil Negara Madagaskar (Madagascar)

Baca Juga : Kongo Pesawatnya Leburkan Komplek

Nama Lengkap : Republik Madagaskar (Republic of Madagascar)
Nama Lokal : Republique de Madagascar/Repoblikan’i Madagasikara
Bentuk Pemerintahan : Republik Semi-Presidensil
Kepala Negara : Presiden Hery Martial RAJAONARIMAMPIANINA Rakotoarimana (sejak 25 Januari 2014)
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Olivier Mahafaly SOLONANDRASANA (sejak 13 April 2016)
Ibukota : Antananarivo
Luas Wilayah : 587.041 km2
Jumlah Penduduk : 25.054.161 jiwa (2017)
Pertumbuhan Penduduk : 2,5% (2017)
Angka Kelahiran : 31,6 bayi per 1000 penduduk (2017)
Suku Bangsa/Etnis : etnis Malayo-Indonesia (Merina dan Betsileo), Cotiers (campuran Africa, Malayo-Indonesia dan Arab – Betsimisaraka, Tsimihety, Antaisaka, Sakalava)
Bahasa Resmi : Bahasa Perancis dan Bahasa Malagasi
Agama : Kristen, agama Islam dan kepercayaan penduduk aslinya
Mata Uang : Ariary Madagaskar (MGA)
Hari Kemerdekaan : 26 Juni 1960 (dari Perancis)
Hari Nasional : 26 Juni 1960 (Hari Kemerdekaan)
Lagu Kebangsaan : “Ry Tanindraza nay malala o” (Oh, Our Beloved Fatherland)
Kode Domain Internet : .mg
Kode Telepon : 261
Pendapatan Per Kapita : US$ 1.600 (2017)
Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 39,81 miliar (2017)
Lokasi : Benua Afrika

Related posts