Prancis Gandakan Dosis Vaksin untuk Negara Miskin

Prancis Gandakan Dosis Vaksin untuk Negara Miskin

Prancis Gandakan Dosis Vaksin untuk Negara Miskin – Seperti yang kita semua ketahui bahwa vaksin sudah banyak di gunakan untuk mencegah tersebar luasnya virus corona yang ada. Prancis akan menggandakan jumlah dosis vaksin corona yang akan dikirim ke negara-negara miskin menjadi 120 juta dosis. Janji ini disampaikan Presiden Emmanuel Macron dalam siaran video selama konser Global Citizen di Paris.

“Prancis berjanji akan menggandakan jumlah dosis yang akan diberikan,” ungkapnya. “Kami akan memberikan dari 60 juta menjadi 120 juta dosis”.
Pada Rabu lalu, Amerika Serikat mengumumkan akan menggandakan dosis vaksin yang akan didonasikan, sehingga total kontribusinya menjadi 1,1 miliar.
Presiden Joe Biden mendeskripsikan pandemi sebagai “krisis serba bisa”, dan menambahkan “kita membutuhkan negara berpenghasilan tinggi lainnya untuk memenuhi ambisi mereka”.

Sementara Uni Eropa telah berkomitmen untuk mendistribusikan 500 juta dosis vaksin.
Presiden China, Xi Jinping, dalam sebuah siaran video kepada PBB pada Selasa, berjanji akan memberikan total 2 miliar dosis vaksin pada akhir tahun, mengulangi angka yang telah diberikan pemerintah China. Meski demikian, tidak dijelaskan berapa banyak yang dijual dan berapa banyak yang didonasikan.

Baca Juga : Solusi Negara Miskin Terhadap Covid

Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, telah berulang kali mengecam ketidakadilan distribusi vaksin corona yang masif di negara berpenghasilan tinggi dan rendah.
“Saya tidak akan diam ketika perusahaan dan negara-negara yang mengontrol suplai global vaksin berpikir negara-negara miskin harus puas dengan sisa vaksin,” katanya awal bulan ini.

Para pemimpin Afrika memohon kesempatan untuk membeli vaksin bagi rakyat mereka selama pertemuan dengan Uni Afrika awal bulan ini. Berdasarkan penghitungan AFP yang diambil dari sumber resmi, 53 negara Afrika dengan total penduduk lebih dari 1,3 miliar, telah memiliki total 10 dosis vaksin per 100 orang.
Sebaliknya di AS dan Kanada, dengan populasi yang hanya lebih dari 368 juta orang, memiliki 120 dosis per seratus orang.

Semua Pihak Mesti Turun Tangan

Presiden AS Joe Biden menggambarkan pandemi sebagai “krisis di mana semua pihak turun tangan,” dan menambahkan bahwa “kita membutuhkan negara-negara berpenghasilan tinggi lainnya untuk mewujudkan ambisi mereka sendiri.”

Uni Eropa telah berkomitmen mendistribusikan 500 juta dosis vaksin.

Sementara Presiden China Xi Jinping, dalam siaran videonya di PBB pada hari Selasa (21/9), menjanjikan total dua miliar dosis pada akhir tahun ini, mengulangi kembali angka yang telah disampaikan otoritas China.

Related posts