Pembahasan Profil Negara Ethiopia

Pembahasan Profil Negara Ethiopia

Daftarnegaratermiskin.web.id – Terletak di Afrika Timur, Ethiopia memiliki perbatasan 5,925.00 km dengan Djibouti (342 km), Eritrea (1.033 km), Kenya (867 km), Somalia (1.640 km), Sudan Selatan (1.299 km) dan Sudan (744 km). Eritrea dan Ethiopia setuju untuk mematuhi keputusan penetapan Komisi Batas Eritrea-Ethiopia 2002.

Saat ini, ibukota Ethiopia adalah Addis Ababa. Ia menjadi ibu kota pada tahun 1887 yang mengambil gelar dari Entoto. Kota ini terletak di dataran tinggi dengan bukit-bukit dan pegunungan di sekitarnya. Populasi kota Addis Ababa adalah sekitar 3,38 juta, sedangkan populasi metropolitan sekitar 4,58 juta. Menjadi pusat administrasi, budaya, dan keuangan, Addis Ababa juga merupakan tujuan wisata yang hebat. Beberapa tujuan terkenal termasuk Museum Etnologi, Monumen Singa Yehuda, Monumen Yekatit 12, dan Katedral dan Museum St. George. Iklim di kota ini diklasifikasikan sebagai dataran tinggi sub-tropis.

Ethiopia adalah negara Afrika yang mencakup 1.104.300,00 km2 yang 9,44% adalah air dan 1.000.000,00 km2 adalah tanah. Ini menjadikannya negara terbesar ke-26 di dunia dan sedikit kurang dari dua kali ukuran Texas. Koordinat geografisnya adalah 8 00 N, 38 00 E dan Addis Ababa adalah ibu kota.

DOWNLOAD S128 Apk – APLIKASI S128 LIVE APK– Aplikasi Sabung Ayam S128 Live APK Download Android Asia yang kini dalam memasang taruhan sabung ayam S128 sudah bisa dengan mudah Anda mainkan di perangkat smartphone Android milik anda, Silahkan langsung download S128 Apk Live melalui Link URL yang tersedia http://162.241.233.33/download-aplikasi-s128-android-dan-ios/ Tentu ini di rilis oleh situs resmi S128.net untuk mempermudah pemain dan memberikan fasilitas yang lebih membuat pemain merasa lebih puas dalam bermain dengan menggunakan s128 apk android.

Nama negara itu berasal dari kata Yunani “Aethiopia”.

Geografi
Ethiopia memiliki ketinggian rata-rata 1.330 m di atas permukaan laut. Ini memiliki iklim monsun tropis yang bervariasi dengan ketinggian. Medannya terdiri dari dataran tinggi dengan jajaran gunung tengah yang dibagi oleh Great Rift Valley.

Populasi
Ethiopia memiliki populasi 102.374.044 sehingga menjadikannya yang terbesar ke-13 di dunia. Oromo, Amharik, Somali, Tigrigna, dan Afar adalah bahasa resmi. Kelompok etnis utama adalah Oromo, diikuti oleh Somalia dan Tigray. Mayoritas populasi adalah Ortodoks Ethiopia atau Muslim.

Ethiopia berbicara tentang 88 bahasa. Dari semua ini, bahasa utama yang diucapkan adalah Amharik dan Oromo. Untuk tujuan resmi, bahasa yang digunakan adalah Amharik. Ini adalah bahasa untuk pengajaran di sekolah, bahasa bisnis, dan bahasa yang digunakan dalam pertemuan pemerintah. Selain Amharik dan Oromo, bahasa lain termasuk Sidamo, Wolaytta, dan Gurage. Bahasa minoritas adalah Ongota, Gafat, Weyto, dan Mesmes.

Pemerintah
Ethiopia adalah negara merdeka. Ethiopia adalah salah satu negara tertua di dunia; setidaknya berusia 2.000 tahun. Konstitusinya terakhir diratifikasi pada tahun 1995.

Pemerintah Ethiopia adalah republik parlementer Federal. Ini dipimpin oleh seorang Presiden, Perdana Menteri dan asisten mereka. Presiden adalah kepala negara sementara perdana menteri memimpin pemerintah. Baik Presiden dan Perdana Menteri melayani selama enam tahun. Kediaman resmi Presiden adalah Istana Nasional yang ditemukan di Addis Ababa. Perdana Menteri tidak memiliki tempat tinggal resmi.

Baca Juga : Pembahasan Profil Singkat Negara Benin

Ekonomi
PDB Ethiopia adalah $ 175.000.000.000,00 (USD) dengan $ 1,900.00 (USD) per kapita. Ini menjadikannya ekonomi terbesar ke-68 dan warganya yang terkaya ke-198 di dunia. Mata uang Ethiopia adalah Birr (ETB).

Mitra ekspor utamanya adalah Swiss, Cina, Amerika Serikat, dan Belanda. Ekspor utamanya adalah kopi, minyak sayur, dan sayuran yang dapat dimakan. Mitra impor utamanya adalah Cina, Amerika Serikat, dan Arab Saudi. Impor utamanya meliputi mesin dan pesawat terbang, logam, dan material listrik.

Bendera
Bendera Ethiopia menampilkan tiga warna: hijau, kuning, dan merah. Bendera dibagi menjadi tiga bagian horisontal. Warna hijau melambangkan aspek pertanian negara itu. Merah menunjukkan kekuatan sementara kuning mewakili harapan dan kedamaian. Warna biru yang dilukis di dalam lingkaran adalah simbol kedamaian. Perancang bendera Ethiopia adalah Abebe Alambo. Setelah penunjukannya, pemerintah mengadopsi bendera tersebut pada tahun 1996. Bendera tersebut bertindak sebagai panji nasional dan bendera.

Related posts