Negara Sierra Leone

Negara Sierra Leone

Daftarnegaratermiskin.web.id – Sierra Leone masih menderita akibat perang saudara pada 1990-an. Negara ini sebenarnya memiliki sumber daya mineral yang besar, tetapi rakyatnya hidup dalam kemiskinan. Baru-baru ini, Sierra Leone harus berurusan dengan Ebola, yang telah memperburuk kualitas hidup dan kematian.

Sierra Leone secara resmi bernama Republik Sierra Leone adalah sebuah negara di Afrika Barat. Negara ini memiliki iklim tropis, dengan lingkungan yang beragam mulai dari sabana hingga hutan hujan. Sierra Leone memiliki luas total 71.740 km2 dan populasi sebesar 7.075.641 pada sensus 2015. Sierra Leone adalah republik konstitusional dengan presiden terpilih langsung dan legislatif unikameral. Sierra Leone memiliki pemerintahan pusat yang dominan. Presiden adalah kepala negara dan kepala pemerintahan. Ibukota negara dan kota terbesar adalah Freetown. Kenema, terletak 185 mil dari Freetown, adalah kota terpadat kedua di negara itu. Kota-kota besar lainnya dengan populasi di atas seratus ribu adalah Bo, Koidu Town, dan Makeni. Sierra Leone terdiri dari lima wilayah administratif: Provinsi Utara, Provinsi Barat Utara, Provinsi Timur, Provinsi Selatan, dan Wilayah Barat. Daerah-daerah ini dibagi menjadi enam belas kabupaten.

Sierra Leone terletak di pantai barat Afrika, kebanyakan terletak di antara 7 ° dan 10 ° LU (daerah kecil di selatan 7 °), dan 10 ° dan 14 ° BB. Negara ini berbatasan dengan Guinea di utara dan timur laut, Liberia di selatan dan tenggara, dan Samudera Atlantik di barat.

Sierra Leone memiliki luas total 71.740 km2, dibagi menjadi lahan seluas 71.620 km2 dan air 120 km2. Negara ini memiliki empat wilayah geografis yang berbeda. Di timur Sierra Leone dataran tinggi diselingi dengan gunung-gunung tinggi, di mana Gunung Bintumani mencapai 1.948 m, titik tertinggi di negara ini. Bagian atas dari lembah drainase Sungai Moa terletak di bagian selatan wilayah ini.

Baca juga : Yaman

Pusat negara adalah wilayah dataran rendah, yang berisi hutan, semak dan lahan pertanian, yang menempati sekitar 43% dari luas lahan Sierra Leone. Bagian utara ini telah dikategorikan oleh World Wildlife Fund sebagai bagian dari ecoregion mosaik hutan-savana Guinea, sedangkan selatan adalah dataran berhutan hujan dan lahan pertanian.

Di barat, Sierra Leone memiliki sekitar 400 km pantai Atlantik, memberikannya sumber daya laut yang melimpah dan potensi wisata yang menarik. Pesisir memiliki area rawa mangrove dataran rendah Guinean. Ibukota negara Freetown terletak di semenanjung pesisir, terletak di sebelah Sierra Leone Harbor, pelabuhan alam terbesar ketiga di dunia.

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi, diucapkan di sekolah-sekolah, administrasi pemerintahan dan di media. Krio (berasal dari bahasa Inggris dan beberapa bahasa asli Afrika, dan bahasa orang Sierra Leone Krio) adalah bahasa yang paling banyak digunakan di hampir semua bagian Sierra Leone. Karena bahasa Krio dituturkan oleh 90% populasi negara, ini menyatukan semua kelompok etnis yang berbeda, terutama dalam perdagangan dan interaksi mereka satu sama lain.

Related posts