Moldova

negara termiskin moldova

Moldova – Moldova merupakan negara demokrasi parlementer, yang memerdekakan diri pada tahun 1991 setelah keruntuhan Uni Soviet.Asal nama Moldova berasal dari nama sungai di wilayah timur Rumania yang bertetangga dengan Republik Moldova.Dengan presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Moldova merupakan anggota PBB,OSCE,WTO,BESC,GUAM,dan organisasi internasional lainnya. Moldova kini berusaha untuk bergabung dengan Uni Eropa.Moldova terletak di Eropa Timur,Posisi Moldova terletak pada koordinat 45°28′ – 48°28′ utara dan dari 26°40′ – 30°06′ timur.Luas Negara Repubik Moldova sekitar 33,846 km persegi yang berada di wilayah timur laut Balkan yang merupakan bagian dari pada  Eropa Tengah. Republik Moldova adalah negara yang berbatasan dengan Ukraina dan Romania, dengan Ibu Kota Chisinau.

Negara dengan jumlah penduduk sekitar 3,5 juta jiwa, mempunyai keanekaragaman budaya dan keindahan alam, yang merupakan daya tarik tersendiri khususnya kekayaan peninggalan sejarah di wilayah Eropa Tengah yang memiliki nilai budaya dan sejarah dunia.Republik Moldova merupakan negara landlocked namun memilki jalur sungai yang sangat memadai yang memiliki akses langsung ke Laut Hitam (Black Sea) melalui Sungai Danube yang merupakan jalur air internasional (international waterway).

Dengan PDB perkapita sebesar $2.843,Moldova merupakan negara termiskin di Eropa.Moldova tidak memiliki sumber daya mineral yang besar, sehingga ekonominya bergantung pada agrikultur.Tanah yang subur dan iklim yang sedang menjadikan Moldova sebagai pemasok utama produk agrikultur di Eropa Tenggara. Negara ini terkenal akan winenya(minuman dari anggur).Negeri ini harus mengimpor batubara,gas alam,minyak bumi untuk kebutuhan energi negaranya.Kebanyakan sumber daya diimpor dari Rusia.

Bendera Republik Moldova

Bendera Republik Moldova tergambar dalam tiga warna (tricolor), yakni biru, kuning dan merah, yang ditengah-tengahnya ditandai dengan simbol negara Moldova / coat of arms (burung elang dengan memegang perisai bergambar aurochs /kepala banteng). Rasio ukuran bendera Moldova adalah 2:1. Sampai peraturan selanjutnya, bendera negara Moldova digunakan sebagai bendera nasional, maupun panji sipil, bendera negara dan bendera perang.

Tricolor warna biru, merah, dan kuning dari bendera Republik Moldova tersebut hampir identik dengan bendera Rumania, hal ini mencerminkan Rumania dan Moldova  memiliki pertalian nasional dan budaya. Pada bagian warna kuning pada bendera Moldova ditandai dengan simbol nasional. Simbol negara Moldova tersebut diadopsi pada tahun 1990, dengan memiliki tanda elang berwarna keemasan agak gelap yang tengah memegang salib Kristen Ortodoks di paruhnya.

Simbol negara burung elang digambarkan pada kaki-kakinya yang  mencengkeram sebuah ranting dari pohon zaitun – melambangkan perdamaian, dan sebuah tongkat komando.  Sedangkan gambar perisai di dada burung elang diisi dengan warna merah dan biru, serta simbol-simbol tradisional Moldova, seperti kepala aurochs/Banteng, serta diapit oleh gambar simbol bunga mawar dan bulan sabit, serta memiliki tanda gambar bintang antara tanduknya, dengan warna keemasan.

Baca juga:

 

Kepala Negara

Menurut konstitusi Republik Moldova (th.1994) Kepala negara dipimpin Presiden yang dipilih oleh Parlemen dengan memerlukan dukungan tiga perlima dari jumlah Deputi (paling sedikit 61 suara).  masa jabatan Presiden adalah selama 4 tahun dan dapat dipilih kembali ( 2  kali masa jabatan).

Parlemen

Sistem kenegaraan Moldova menganut Republik. Badan pusat legislatif negara adalah Parlemen unicamera, yang memiliki 101 kursi, dan  anggotanya dipilih oleh suara terbanyak pada partai setiap empat tahun sekali. Rakyat Moldova memilih anggota legislatif parlemen secara langsung. Parlemen memiliki 101 anggota, yang dipilih untuk masa jabatan 4 tahun.

Sistem kepartaian politik di Republik Moldova menganut multi-partai,  saat ini terdapat  4 partai besar yang sangat popular dan memiliki wakil di Parlemen untuk periode 2014 – 2018, di antaranya :

  • Partidul Socialiştilor din Republica Moldova (PSRM) – 25 anggota
  • Partidul Comunistilor din Republica Moldova / Party of Communist of the Republic of Moldova (PCRM)  – 21 anggota
  • Partidul Democrat Liberal din Moldova / Liberal Democratic Party of Moldova  (PDLM) – 23 anggota
  • Partidul Democrat / Democratic Party (PD)  – 19 anggota
  • Partidul Liberal / Liberal Party (PL)  – 13 anggota

Pemerintahan

Menurut Konstitusi Republik Moldova, Perdana Menteri ditunjuk oleh Presiden setelah melakukan konsultasi dengan Parlemen. 15 hari sejak penunjukkan calon PM , selanjutnya calon PM perlu mendapatkan dukungan suara dari Parlemen terkait program kerja dan susunan anggota kabinetnya. Para Menteri anggota kabinet Perdana Menteri yang ditunjuk perlu mendapatkan  persetujuan dari Parlemen.  Pemerintah Moldova saat ini dipimpin oleh Perdana Menteri Pavel Filip yang diangkat pada tanggal 20 Januari 2016.

Budaya

Budaya Moldova merupakan campuran dari Rumania dan Uni Soviet.Identitas budaya Rumania sendiri terbentuk dari pengaruh budaya Romawi dan Dacia.diperkaya oleh pengaruh budaya Slavia pada abad pertengahan.