Malawi

Malawi

Malawi – Republik Malawi adalah sebuah negara yang terdapat di daratan Afrika bagian selatan. Malawi berbatasan dengan Tanzania di sebelah utara, Zambia di barat laut, dan Mozambik di timur, selatan dan barat. Danau Malawi yang memanjang di sepanjang perbatasan timur Malawi mencakupi seperlima wilayah negara itu. Asal mula nama Malawi tidak diketahui; nama itu diyakini berasal dari suku di wilayah selatan atau inspirasi dari ‘cahaya matahari yang menyinari danau’

Politik. Pergantian pemerintahan mewarnai situasi politik dalam negeri. Usaha repaaatriasi pengungsi Mozambique hubungan bilateral dengan Zimbabwe merupakan isu dominan politik luar negeri negera ini.

Ekonomi. Walaupun banyak faktor yang manjadikan Malawa sebagai salah satu negera termiskin di dunia, diantaranya ketergantungan pada impor, kurangnya sumber daya manusia terampil, dan kecilnya pasaran domestic. Malawi merupakan negara yang cukup berhasil dalam pembangunannya sejak merdeka pada tahun 1964. Namun, pada tahun 1992, produksi pertanian sempat menyumbang 90% pendapatan ekspor menurut hingga 25%. Sementara, kedatangan ribuan pengungsi Mozambique ikut pula mempengaruhi roda perekonomian Malawi yang membentuk akibat kemarahan panjang.

Baca Juga :

Afganistan

Gambia

Hingga 1990, negaraprodusen tembakau terbesar kedua di Afrika ini telah menerima 5-8 juta dollar bagi perbaikan ekonomi periode 1990-1991. Melalui panduan yang ditetapkan IMF pada tahun 1990, angka inflasi Malawi mengalami penurunan dari rata-rata 15% menjadi 12%, tetapi singkat rata-rata ini pernah mencapai 22% pada tahun 1992. Meskipun demikian, sejak Mei 1992 selain bantuan kemanusiaan, badan konsultatif juga menunda pemberian bantuan lainnya kepada Malawi berkaitan dengan pelanggaran hak asasi manusia di negeri ini.

Pada tahun 1993, menurut perkiraan Bank Dunia. GNP Malawi mencapai 2.034 juta dollar. Utang luar negeri pada tahun 1994 sebesar 1.821 juta dollar. Pada tahun yang sama neraca perdagangan Malawi mengalami surplus sebesar 1.304 juta dollar demikian pula dengan pembayaran neraca sebesar 2.164 juta dollar. Dalam laporannya tanggal 31 Maret 1995, pemerintahan Muluzi bermaksud untuk membatasi defisit anggarannya.

Related posts