Kenali Faktor Penyebab Kemiskinan di Negara

1

Kenali Faktor Penyebab Kemiskinan di Negara – Bukan hanya Indonesia yang memiliki banyak orang yang kekurangan atau miskin. Namun di balik itu semua ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Berikut adalah faktor penyebab kemiskinan di suatu negara

Faktor Penyebab Kemiskinan dalam Suatu Negara

1. Tingkat Pendidikan Rendah

Faktor penyebab kemiskinan yang pertama bisa dikarenakan tingkat pendidikan yang rendah. Tingkat pendidikan yang rendah bisa membuat seseorang kurang memiliki keterampilan, wawasan, serta pengetahuan yang memadai untuk kehidupannya. Jika dilihat lebih jauh lagi, dalam dunia kerja atau dunia usaha, pendidikan adalah modal untuk bersaing jika ingin mendapatkan kesejahteraan nantinya. Maka tidak heran, jika banyak pengangguran yang dikarenakan faktor penyebab kemisikinan yaitu tingkat pendidikan rendah.

2. Malas Kerja

Selanjutnya, faktor penyebab kemiskinan yaitu malas bekerja. Faktor penyebab kemiskinan ini, punya hubungan faktor penyebab kemiskinan sebelumnya yaitu tingkat pendidikan yang rendah. Seseorang dengan tingkat pendidikan rendah membuat dirinya malas bekerja karena tidak punya keterlampilan dan pengetahuan. Orang yang malas usaha bisa berdampak pada tingkat pengangguran yang makin tinggi.

3. Kualitas Kesehatan Buruk

Selanjutnya, faktor penyebab kemiskinan bisa dikarenakan kualitas kesehatan suatu negara yang buruk. Pasalnya, akses layanan kesehatan yang sulit dan mahal bisa jadi masalah utama bagi masyarakat ekonomi rendah. Mengingat, jasa dokter atau membeli obat ketika sakit tidak murah. Masyarakat tidak mampu, justru terus sakit dan sulit melakukan pekerjaan. Hingga hal ini bisa menjadi faktor penyebab kemiskinan.

Baca Juga :Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia 2021

4. Sumber Daya Alam Tidak Ada

Faktor penyebab kemiskinan ini banyak terjadi di tiap negara, terutama negara berkembang serta negara dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Saat sumber daya alam tidak ada atau tidak dapat diolah, maka hal ini bisa jadi salah satu faktor penyebab kemiskinan.

5. Modal Terbatas

Kemudian, terbatasnya modal juga bisa menjadi penghambat seseorang untuk berkembang. Belum lagi jika orang yang tersebut memiliki tingkat pendidikan rendah. Mengingat, banyak penyebab rendahnya pendidikan karena faktor ekonomi keluarga.

6. Harga Kebutuhan Tinggi

Harga kebutuhan tinggi adalah faktor penyebab kemiskinan yang kerap terjadi dan jadi alasan mengapa masyarakat miskin merasa kurang dan tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal, kian hari harga bahan makan melambung tinggi. Konsekuensinya, mereka harus memotong pengeluaran untuk kebutuhan lain dan dialihkan pada konsumsi makanan.

7. Lapangan Kerja Terbatas

Faktor penyebab kemiskinan selanjutnya karena terbatasnya lapangan kerja. Meski seseorang bisa menciptakan lapangan kerja baru, namun peluangnya cukup kecil untuk masyarakat miskin karena keterbatasan keterampilan serta modal.

8. Beban Hidup Keluarga

Faktor penyebab kemiskinan yang berikutnya adalah adanya beban hidup keluarga. Hal ini juga merupakan hal yang cukup signifikan. Ketika seseorang memiliki anggota keluarga yang banyak untuk dihidupi, beban hidupnya tentu saja kan bertambah pula. Dengan begitu seseorang diharuskan untuk meningkatkan pendapatannya sesuai dengan berapa jumlah anggota yang harus dihidupinya.

Related posts