Fakta Menarik Tentang Bosnia Herzegovina

Fakta Menarik Tentang Bosnia Herzegovina

Daftarnegaratermiskin.web.id – Bosnia dan Herzegovina, juga dikenal sebagai Republik Bosnia dan Herzegovina adalah sebuah negara di semenanjung Balkan di selatan Eropa seluas 51.129 km² (19.741 mil2) dengan jumlah sekitar empat juta penduduk. Negara Bosnia dikenal dalam bahasa resminya sebagai Bosna i Hercegovina dalam huruf Latin dan Босна и Херцеговина dalam huruf Sirilik; namun biasanya, dipendekkan menjadi Bosnia, BiH atau БиХ.

Negara ini didiami oleh tiga kelompok etnik yang utama: Bosnia, Serbia dan Kroasia. Warga Bosnia secara umum dikenali sebagai Bosnians dalam bahasa Inggris tanpa memandang bangsa mereka. Pemerintahan negara ini dilakukan secara terpencar, dan negara Bosnia sebenarnya terdiri dari persekutuan dua buah wilayah yang utama, yaitu, Federasi Bosnia dan Herzegovina dan Republika Srpska.

Dibatasi oleh Kroasia di utara, barat, dan selatan, Serbia di timur, dan Montenegro di selatan, Bosnia dan Herzegovina adalah sebuah negara yang dikelilingi oleh daratan kecuali pesisir pantai Laut Adriatik yang sepanjang 20 km yang berpusat di kota Neum. Pedalaman negara ini penuh dengan pegunungan, dan juga sungai yang kebanyakan tidak bisa ditempuh. Ibu kota yang sekaligus kota terbesar ialah Sarajevo.

Baca Juga : Hal Unik dari Tradisi Ramadan di Kosovo

Berikut beberapa fakta menarik dari salah satu negara termiskin di eropa yaitu Bosnia Herzegovina.

1. Nama “Bosnia” berasal dari bahasa Indo Eropa “Bosana”, yang artinya air.

2. Ada juga yang mengatakan bahwa nama Bosnia diambil dari sungai Bosna yang membelah daerah tersebut. Nama Herzegovina diambil dari kata “herceg” yang menunjuk pada pangeran yang berkuasa di bagian wilayah selatan sampai invasi Ottoman pada abad ke-15.

3. Bosnia Herzegovina mendapat julukan “Negeri Berbentuk Hati”, karena daratannya berbentuk hati kecil.

4. Bosnia Herzegovina adalah wilayah yang subur dan cocok untuk pertanian gandum, jagung, buah, sayuran. Di Herzegovina bisa tumbuh pohon ara, delima, anggur, kiwi, dan mawar.

5. Bosnia Herzegovina terdiri dari dua entitas, yaitu Federasi Bosnia and Herzegovina dan Republik Sroska.

6. Di Bosnia Herzegovina, yang membedakan antara Bosnia dan Herzegovina adalah bukan ras dan suku tetapi hanya wilayahnya.

7. Nama kota Tuzla di Bosnia berasal dari kata “tuz”, dari bahasa Turki yang artinya garam. Garam Tuzla berasal dari mata air asinnya.

8. Bosnia Herzegovina mempunyai tiga bahasa resmi, yaitu bahasa Bosnia, Serbia, dan bahasa Kroasia.

9. Mata uang Bosnia Herzegovina adalah Marka. Mata uang ini tidak bisa dibeli atau ditukar di tempat lain di dunia.

10. Bunga simbol nasional Bosnia Herzegovina adalah bunga golden lily.

11. Bosnia and Herzegovina adalah pengonsumsi kopi tertinggi ke-10 per kapita di dunia.

12. Sarajevo adalah ibu kota Bosnia Herzegovina. Pada tahun 2010 oleh Lonely Planet Sarajevo dinominasikan sebagai satu dari 10 kota “Best in Travel”.

13. Festival Film Sarajevo adalah festival film terbesar dan paling terkenal di negara-negara Balkan dan Eropa Tenggara. Festival ini dimulai sejak tahun 1995 pada masa perang Bosnia.

14. Bosnia Herzegovina adalah pemenang bola volley dunia pada Summer Paralympics tahun 2004. Kebanyakan peserta kehilangan tangannya dalam perang Bosnia.

15. Film No Man’s Land yang disutradarai Danis Tanovi, memenangkan Oscar tahun 2002 sebagai film asing terbaik.

Related posts