Beberapa Negara dengan Upah Minimum Terendah di Dunia

Daftarnegaratermiskin.web.id – Ternyata ada negara yang hanya menerima Upah minimum saja, beberapa negara tersebut akan kami bahas dibawah ini sesuai dari berbagai sumber yang telah kami rangkum.

Upah minimum yang tinggi tentu diharapkan di semua negara. Namun sayang, ada beberapa negara miskin di dunia yang masih menetapkan upah minimum yang sangat rendah bahkan di bawah Rp 1 jutaan.

Saat ini, standar upah minimum di Indonesia masih beragam disesuaikan dengan inflasi dan biaya hidup di daerah. Namun coba bayangkan, bila masih ada negara-negara lain yang masih memasang upah minimum yang rendah.

Berikut Beberapa negara dengan upah minimum yang sangat rendah.

1. Uganda Rp 100 ribu

Uganda memang seringkali menyandang predikat sebagai negara termiskin di dunia. Meski demikian, Uganda sempat menjadi destinasi favorit para wisatawan dunia karena keramahan penduduknya.

Sebagai negara termiskin, tak heran upah minimum yang diperoleh oleh warga Uganda pun sangat rendah yakni sebesar 95 dolar Amerika Serikat atau Rp 1,3 juta. Artinya, dalam sebulan penduduk di Uganda hanya mendapatkan upah minimum sebesar Rp 100 ribu.

Baca Juga : Beberapa Negara Maju Ini Ternyata Minim Sumber Daya Alam

2. Sierra Leone Rp 250 Ribu

Sierra Leone merupakan negara miskin yang terletak di Afrika Barat. Di balik kekayaan alam yang berlimpah sebagai salah satu negara yang kaya akan berlian, kehidupan di Sierra Leone jauh dari kata Makmur.

Sekitar 70 persen warga di negara ini hidup di bawah garis kemiskinan. Upah minimum yang mereka dapatkan setiap tahunnya hanya sebesar 211 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 3 juta. Artinya dalam sebulan mereka Cuma mendapatkan penghasilan sebesar Rp 250 ribu saja.

3. Tajikistan Rp 558 Ribu

Tajjikistan merupakan salah satu negara yang berada di Asia. Negara yang berdekatan dengan Afghanistan dan China ini ternyata masih memiliki upah minimum yang sangat rendah.

Bayangkan, dalam setahun upah minimum Tajikistan hanya 477 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 6,7 juta. Artinya, dalam sebulan warga di Tajikistan hanya mendapatkan penghasilan rata-rata sebesar Rp 500 ribuan. Standar upah di negara ini pun sudah tidak berubah sejak 2013 silam.

4. Uzbekistan Rp 575 Ribu

Uzbekistan yang merupakan negara pecahan dari Uni Soviet ini memiliki upah minimum yang cukup rendah. Padahal, negara ini dulunya menjadi salah satyu negara terpenting di dunia yang menghubungkan perdagangan antara Eropa dan Asia, bahkan menjadi pelabuhan tersibuk pada masanya.

Meski demikian, kini warga di Uzbekistan hanya memperoleh upah minimum sebesar 490 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 6,9 juta. Artinya, upah minimum di negara ini hanya sebesar Rp 575 ribu, tidak berbeda jauh dengan negara Tajikistan.

5. Lesotho Rp 700 RIbu

Lesoto merupakan salah satu negara kerajaan yang berada di Kawasan Afrika Selatan. Di negara ini pula paling banyak ditemukan fosil dinosaurus.

Dengan jumlahg penduduk yang cukup sedikit yakni 2,1 juta jiwa, upah minimum di Lesotho hanya sebesar Rp 700 ribu saja per bulannya. Dalam setahun, rata-rata mereka mendapat upah minimum sebesar 664 dolar Amerika Serikat atau sekitar RP 9,4 juta.

Related posts