Beberapa Fakta Unik Dari Negara Belarus

Beberapa Fakta Unik Dari Negara Belarus

Daftarnegaratermiskin.web.id – Republik Belarus atau Belarusia adalah sebuah negara di Eropa Timur dengan ibu kota Minsk. Negara ini secara administratif terbagi menjadi 6 provinsi dan sebuah kota khusus.

Istilah Belarus (Belarusia) mempunyai arti “Russia Putih”. Ada lagi yang menyatakan bahwa Belarusia bukan mempunyai arti Russia Putih. “Bela” artinya “Putih”, “Rus” adalah istilah geografis dan politis yang berberda dari Russia. “Rus” menunjukkan tanah Slavia Timur yang sekarang menjadi milik bersama Belarusia dan Ukraina.

Berikut beberapa fakta unik dari Negara Belarus,

1.Republik Belarus atau Belarusia adalah sebuah negara di Eropa Timur dengan ibu kota Minsk

2.Belarus ialah negara pedalaman, relatif datar, dan memiliki bidang berawa yang besar

3.merupakan daerah yang cukup lebih banyak hutan dari pada pemukimanya

4.: negara ini berbatasan dengan Latvia (utara), Lituania (barat laut), Polandia (barat), Rusia (utara dan timue), dan Ukraina (selatan).

5.Antara abad ke-6 dan ke-8, di daerah yang kini bernama Belarus dihuni oleh bangsa Slavia, yang mendominasi negeri ini.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Bosnia Herzegovina

6.mengenai kependudukan Mayoritas penduduk Belarus ialah orang Belarus asli, yang menyusun 81,2% penduduk total 10.293.011 jiwa. Orang Rusia ialah kelompok terbesar ke-2 yang menyusun 11,4% penduduk. Berturut-turut orang Polandia dan Ukraina berjumlah sekitar 3,9% dan 2,4% penduduk.

7.kebahasaan Bahasa yang umum diucapkan di Belarus ialah bahasa Rusia dan Belarus, yang keduanya menjadi bahasa resmi di Belarus

8.titik terenda negara ini ada di Sungai Neman

9. mengenai iiklim Iklimnya berkisar dari musim dingin yang ganas (rata-rata suhu Januari berada pada kisaran −8 °C(18 °F) hingga −2 °C (28 °F)) hingga musim panas yang dingin dan basah (suhu rata-rata 15 °C (59 °F) hingga 20 °C(68 °F)).

10. Hari libur nasional yang paling penting di Belarusia adalah Hari Kemerdekaan pada tanggal 9 Mei. Pada hari ini mereka merayakan berakhirnya pendudukan Jerman selama Perang Dunia II.

11. Di Belarusia tidak ada universitas yang mengajarkan bahasa Belarusia.

12. Orang Belarusia menyukai keju dan membuatnya dengan sangat lezat.

13. Belarusia adalah satu-satu negara Eropa yang masih memberlakukan hukuman mati.

14. Di Belarusia ada 31 bank. Yang 30 bank milik pemerintah dan hanya satu bank yang dimiliki oleh swasta.

Related posts