7 Negara Termiskin di Dunia

7-Negara-Termiskin-di-Dunia

daftarnegaratermiskin – Beberapa negara yang masuk ke dalam kategori negara termiskin di dunia, merupakan negara-negara yang memiliki pendapatan per kapita paling rendah. Namun umumnya, jarang sekali ditemukan data terkait total pendapatan per kapita sebuah negara. Suatu negara akan lebih menggunakan PDB atau Gross Domestic Product (GDP) sebagai tolok ukur tingkat perekonomiannya dengan negara lain. Namun, pendapatan per kapita suatu negara biasanya lebih rendah GDP-nya.

Maka dari itu, untuk mengetahui berapa GDP per kapita negara termiskin di dunia, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas 7 negara termiskin di dunia beserta GDP per kapita yang dilansir dari World Population Review, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

7 Negara Termiskin di Dunia

1. Sudan Selatan

GDP per kapita: $250

Pertama ada Sudan Selatan sebagai negara termiskin di dunia. Negara ini sangat wajar, apabila dikatakan sebagai negara termiskin di dunia, karena memiliki GDP per kapita hanya sebesar $250. Negara yang baru merdeka pada Juli 2011 ini, dikatakan sebagai negara termiskin karena infrastruktur yang diberikan pemerintahnya sangat buruk. Selain itu, negara ini juga memiliki aktivitas militan bersenjata yang cukup tinggi.

Di mana, aktivitas tersebut membuat konflik terkait perebutan kekuasaan di Sudan Selatan berlangsung sangat lama dan memakan banyak korban, yaitu sekitar 300 ribu orang. Adanya aktivitas itu memberikan dampak negatif yang cukup banyak, salah satunya yaitu pada sisi perekonomian.

Maka dari itu, masyarakat Sudan Selatan hingga saat ini hanya mengandalkan sektor pertanian sebagai tulang punggung perekonomiannya.

Sehingga, 80 persen masyarakat Sudan Selatan diketahui memiliki pendapatan per hari di bawah $1, untuk mencukupi semua kebutuhan hidupnya.

2. Burundi

GDP per kapita: $312

Menjadi negara termiskin di dunia yang kedua, Burundi memiliki GDP per kapita sebesar $312. Negara yang dikenal dengan korupsi, perang yang berkepanjangan, kebodohan serta penyebaran virus HIV ini, nyatanya sudah menjadi negara merdeka sejak abad ke-16.

Meski begitu, Burundi sempat terkurung dalam perang sipil yang terjadi akibat dari perselisihan politik. Terjadinya perang sipil tersebut memakan banyak korban, yaitu sebanyak 300 ribu sipil. TIdak hanya itu, sekitar 67 persen penduduknya pun hidup dalam kemiskinan.

3. Malawi

GDP per kapita: $411

Negara termiskin di dunia yang ketiga adalah Malawi. Negara yang memiliki populasi sebanyak sebanyak 19 juta jiwa ini, nyatanya hingga saat ini masih mengandalkan cara bertani primitif sebagai salah satu mata pencahariannya.

Tentunya, cara bertani yang digunakan tersebut sangat rentan dengan cuaca. Sebab, apabila cuaca sedang buruk, maka hasil tani pun memiliki risiko gagal panen yang besar. Selain itu, kemiskinan negara yang satu ini juga terlihat dari fasilitas pendidikan serta kesehatan yang belum mumpuni.

4. Mozambik

GDP per kapita: $521

Selain beberapa negara di atas, Mozambik juga ternyata menjadi negara termiskin di dunia. Negara yang merdeka dari jajahan Portugis pada 1975 ini dikenal sebagai produsen aluminium dan sektor pariwisata.

Meski begitu, negara termiskin di dunia ini memiliki masalah pada ketersediaan air bersih. Terlebih, banyaknya korupsi yang terjadi di negara ini, membuat Mozambik terlilit hutang dengan nominal yang terbilang sangat besar. Sehingga, tidak heran apabila Mozambik memiliki GDP per kapita yang rendah, yaitu hanya sebesar $521.

5. Somalia

GDP per kapita: $525

Negara kelima yang menjadi negara termiskin di dunia adalah Somalia. Negara yang memiliki GDP per kapita sebesar $525 ini, memiliki masalah pada kesejahteraan warganya. Sebab, Somalia dikenal sebagai negara dengan kelangkaan makanan tertinggi.

Di mana, seringkali ditemukan berita bahwa banyak dari warga Somalia yang terkapar kelaparan yang disebabkan oleh alam dan ulah manusia. Selain itu, negara ini juga dinilai menjadi negara yang sangat berbahaya untuk dijadikan lokasi tempat tinggal, karena aktivitas bajak laut dan terorisme yang sangat tinggi.

Baca Juga : Setelah Lepas dari Indonesia, Timor Leste Masuk Negara Miskin

6. Liberia

GDP per kapita: $636

Tidak hanya dikenal sebagai negara terkotor di dunia, Liberia juga mejadi salah satu negara termiskin di dunia. Bagaimana tidak, pasalnya negara ini tidak memiliki fasilitas dasar yang bisa digunakan untuk warganya menjalankan kehidupan yang layak.

Seperti misalnya, sistem sanitasi dan minimnya persediaan makanan yang membuat warga negara Liberia ini jatuh dalam kemiskinan dan kesengsaraan. Lebih dari itu, hukum dan perekonomian yang dimiliki negara ini pun terbilang tidak karuan.

Salah satu faktor penyebab hancurnya perekonomian negara ini adalah perang sipil berkepanjangan, yang terjadi sejak 1980. Tidak hanya itu, terjadinya perang tersebut juga memakan banyak korban, sekitar 250 ribu jiwa.

Sehingga, perang sipil yang terjadi hanya membuat negara Liberia berantakan dari segala aspek, seperti perekonomian, hukum, fasilitas publik, hingga kesejahteraan warganya.

7. Zimbabwe

GDP per kapita: $1,737

Selanjutnya ada Zimbabwe yang menjadi negara termiskin di dunia. Negara yang berada di benua Afrika bagian selatan ini, merupakan negara yang sangat terisolasi dari perkembangan dunia. Terlihat dari banyaknya penduduk yang hidup dalam kemiskinan, yang membuat hampir seluruh warganya terkena malnutrisi.

Tidak hanya itu, sebagai negara dengan populasi sekitar 15 juta jiwa ini, seharusnya Zimbabwe memiliki hukum yang tertata dan jelas. Namun kenyataannya, hukum negara ini sangat rusak.

Banyak sekali pelanggaran atas hak-hak tempat tinggal yang terjadi, minimnya perlindungan hukum yang diberikan untuk setiap warganya, tingginya angka pembunuhan dan kelaparan dan lain sebagainya.

Kemudian, Zimbabwe juga dikenal sebagai negara yang terjangkit wabah Kolera dan Aids, hingga memakan banyak sekali korban. Banyaknya korban tersebut, salah satunya dipicu oleh fasilitas yang diberikan pemerintah tidak layak dan mumpuni.

Sehingga, banyak dari rumah sakit yang tutup dan beberapa dokter serta tenaga medis lainnya pindah ke negara lain yang lebih aman.

Related posts