4,48 Juta Penduduk Miskin Tahun 2016

4,48 Juta Penduduk Miskin Tahun 2016

4,48 Juta Penduduk Miskin Tahun 2016 – Tidak berbeda jauh dengan Jawa Tengah, Jawa Barat mencatat 4,48 juta penduduk miskin tahun 2016. Namun tidak seperti provinsi lain di pulau Jawa, kebanyakan kaum miskin Jawa Barat hidup di perkotaan, jumlahnya mencapai 2,7 juta penduduk. Untuk dikategorikan miskin, seseorang harus berpenghasilan maksimal 319 ribu per bulan.

Mengatakan penurunan angka kemiskinan ini terwujud karena beberapa program peningkatan ekonomi masyarakat yang telah dilakukan sejak kepemimpinan sebelumnya. Sekarang angkanya 7.8 persen relatif kecil dibandingkan dengan rata-rata nasional tapi jumlah penduduk di Jabar tinggi. Oleh karena itu kami melakukan langkah-langkah signifikan,” kata Iwa Karniwa.

Baca juga :
penduduk terangkat dari garis kemiskinan sejak awal tahun
kaum berpenghasian rendah di indonesia
tingkat kemiskinan dengan persentase terendah

“Kami akan bidik dengan berbagai cara APBN, mungkin dengan investasi dan lainnya sehingga penurunan ke depannya akan lebih signifikan,” ujarnya.

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional yang dirilis Badan Pusat Statistik Jawa Barat, penduduk miskin di Jawa Barat sebanyak 4.168,44 ribu orang atau 8,71 persen dari total jumlah penduduk.

BPS Jabar pun mencatat selama kurun waktu 2012–2017 tingkat kemiskinan kabupaten atau kota di Jabar fluktuatif tapi cenderung menurun pada tiga tahun terakhir.

Related posts